Home » News » Insiden Penembakan Saat Shalat Ied di Pakistan

Insiden Penembakan Saat Shalat Ied di Pakistan



Quetta – Insiden penyerangan yang terjadi di sebelah timur Quetta, Pakistan, dilaporkan ada sekitar 10 orang tewas dan lainnya mengalami luka-luka.  Dimana penyerangan tersebut dilakukan pada saat seluruh umat muslim yang ada di daerah tersebut sedang menjalankan ibadah salat Ied.

Kerusuhan di Quetta

Kerusuhan di Quetta

Seperti yang dilansir dari Pakistan Tribune, Jumat (9/8/2013), insiden penyerangan tersebut terjadi di kota yang sama dan hanya berselang satu hari dari bom bunuh diri yang terjadi pada saat pemakanan seorang perwira polisi.

Dalam pemakaman tersebut dilaporkan oleh polisi senior Bashir Ahmad Brohi bahwa ada sekitar 38 perwita polisi yang meninggal akibat bom bunuh diri tersebut. Selain itu Brohi juga mengatakan bahwa dalam aksi penembakan yang ada di mesjid Quetta tersebut ada seorang mantan menteri dalam negeri partai rakyat Pakistan, Ali Mada Jattak.

Memang diduga aksi penembakan tersebut, Jattak adalah target utama penyerangan. Brohi juga meragukan keamanan daerah di sekitar Quetta, walaupun sebenarnya sudah dilakukan beragam investigasi khusus.

Jattak sendiri dalam aksi penyerangan tersebut berhasil kabur. Sultan Ahmad selaku pejabat polisi lokal mengungkapkan bahwa penembakan yang terjadi di luar masjid tersebut sampai saat ini belum ada pihak yang bertanggung jawab atas aksi ini.

Namun memang tidak dapat dipungkiri bahwa daerah Quetta memang menjadi target utama dari para teroris. Hal ini dikarenakan daerah tersebut perbatasan dengan Iran dan Afghanistan. Selain itu Quetta juga akses yang mudah untuk menuju Baloch sebagai daerah yang kaya gas dan minyak. (Maria Ulfa)