Home » News » Obama Batalkan Pertemuannya Dengan Putin Terkait Masalah Snowden

Obama Batalkan Pertemuannya Dengan Putin Terkait Masalah Snowden



Washington – Rencana pertemuan antara Presiden Amerika Serikat (AS) Barack dengan Presiden Rusia Valdimir Putin akhirnya batal. Dimana salah satu penyebabnya adalah pihak pemerintah Rusia telah mengabulkan permohonan suaka yang diajukan oleh Edward Snowden selaku pembocor data dari intelijen AS.

Edward Snowden

Edward Snowden

Memang keputusan pembatalan pertemuan tersebut diambil oleh Obama ketika sedang dalam perjalanan ke Los Angeles. Walaupun demikian Obama masih akan menghadiri pertemuan G20 yang rencananya akan digelar pada tanggal 5-6 September di St Petersburg, Rusia.

Berdasarkan penuturan dari pejabat Gedung Putih, dengan dikabulkannya suaka tas Snowden maka menambah ketegangan yang terjadi antara pihak Rusia dan AS. Karena Presiden Obama merasa kecewa Rusia mengabulkan suaka Snowden. Padahal Snowden telah membocorkan informasi program yang selama ini digunakan oleh AS.

Berdasarkan keterangan persnya kepada wartawan, Obama memang sempat menyinggung beberapa ancaman yang ditujukan kepada AS, sehingga menyebabkan penutupan beberapa kantor kedutaan besar AS yang ada di sekitar Timur Tengah.

Seperti yang dikutip dari The Daily Star, Kamis (8/8/2013), Snowden adalah seoran gmantan kontraktor yang bekerja di National Security Agency (NSA) dan juga pegawai di CIA. Namun pada bulan Juni kemarin, ia telah membocorkan rahasia intelijen AS kepada media The Guardian dan Washington Post.

Dimana Snowden telah mengungkapkan secara detail program dari NSA, bahkan termasuk data komunikasi email dan telepon yang berhasil ia kumpulkan sendiri. Snowden sendiri sebelum diterima suakanya oleh pihak Rusia harus terjebak di area transit dikarenakan dari pemerintah AS menginstruksikan agar Negara lain tidak memberikan suaka kepadanya. Sayangnya pada awal Agustus lalu, pemerintah Rusia mengabulkan suaka yang diajukan oleh Snowden. (Maria Ulfa)