Home » News » Pesawat Lion Air Tergelincir Di Gorontalo

Pesawat Lion Air Tergelincir Di Gorontalo



Gorontalo โ€“ Pada Selasa kemarin tepatnya di Bandara Jalaludin, Gorontalo pada pukul 21.13 WITA, sebuah pesawat Lion Air tergelincir. Pesawat dengan nomor penerbangan T892 diketahui keluar dari landasan dikarenakan ada segerombolan kawanan sapi yang sedang berjalan di atas landasan pacu.

Ilustrasi Lion Air tergelincir

Ilustrasi Lion Air tergelincir

Dari pantauan atas insiden tersebut, pesawat dengan jenis Boeing 737-800 tersebut seluruh badannya berada di luar landasan pacu dengan konsisi rodanya masuk ke dalam tanah. Berdasarkan penuturan pilot, Iwan Primadi, Rabu (7/8/2013), mengungkapkan bahwa pesawat dengan rute penerbangan dari Jakarta-Makassar-Gorontalo tersebut pada saat mendarat kondisi cuacanya bagus.

Namun sayang di landasan ada sekitar tiga ekor sapi. Dengan kecepatan sebesar 120 knot sehingga menyebabkan pesawat idak dapat menghindari kawanan ternak itu. Sehingga mengakibatkan satu ekor sapi terlindas di roda belakang sebelah kiri.

Memang pada awalnya dari penuturan Iwan bahwa laju pesawat masih bisa dikontrol. Namun saat masuk ke landasan pesawat tergelincir dan keluar dari landasan. Dalam insiden tersebut tidak terdapat korban jiwa sama sekali.

Sekitar 110 penumpang selamat dan dievakuasi menggunakan mobil menuju terminal kedatangan. Sampai siang ini, pesawat Lion Air tersebut masih belum dievakuasi. Karena masih menunggu kedatangan teknisi dari Makassar. Sedangkan kondisi Bandara Jalaludin masih ditutup.

Kondisi pesawat sendiri tergelincir di bagian kiri dari landasan, sedangkan saying kanan masih berada di landasan. Sehingga menyebabkan pesawat lain tidak dapat lepas landas ataupun mendarat. (Rindi Ayunda)