Home » News » Militer AS Atur Strategi Karena Kekurangan Dana

Militer AS Atur Strategi Karena Kekurangan Dana



Washington โ€“ Rencana pemotongan anggaran yang diberlakukan oleh pihak Amerika Serikat (AS), membuat militer AS kebingungan. Bahkan mereka harus memutar otak untuk mengurangi dampak atas pengurangan anggaran tersebut.

Ilustrasi

Ilustrasi

Sebagai informasi bahwa memang anggaran militer AS telah dipotong dikarenakan adanya kisruh anggaran yang terjadi antara pihak pemerintah dengan kongres. Terkait pemotongan anggaran tersebut, Menteri Pertahanan Chuck Hagel telah mengajukan tiga proposal.

Dimana untuk yang pertama, Hangel akan mengurangi gaji dan juga tunjangan untuk para petugas militer AS. Memang sebelumnya pihak militer AS telah mengumumkan akan memangkas gaji personel tentaranya. Strategi yang kedua, mantan veteran dari Perang Vietnam tersebut mengubah rencana perang AS.

Hagel ingin agar strategi dan taktik perang AS harus disesuaikan dengan perkembangan zaman yang ada saat ini. Seperti yang dilansir dari New York Times, Rabu (7/8/2013), Ashton Carter selaku Wakil Menteri Pertahanan mengungkapkan bahwa untuk saat ini strategi perang apa yang akan diterapkan bagi militer AS masih terus dipelajari.

Sedangkan proposal yang ketiga, Hangel ingin adanya pembagian anggaran yang tepat yang berlaku bagi semua divisi. Hal ini tentunya untuk mencegah kecemburuan dan perselisihan internal, jika dana yang diberikan berbeda-beda.

Terkait pemotongan dana tersebut, para pengamat menganggap hal ini adalah wajar dilakukan. Karena memang selama ini skala kekuatan dari militer AS masih membentuk pola naik-turun. Hal ini diungkapkan oleh George Adams selaku pengamat Hubungan Internasional AS, bahwa setelah PD II, AS banyak melakukan pemotongan jumlah tentaranya hingga separuh. (Samsul Arifin)