Home » News » Desa Kivalina di Alaska Akan Tenggelam Karena Mencairnya Es di Kutup Utara

Desa Kivalina di Alaska Akan Tenggelam Karena Mencairnya Es di Kutup Utara



Alaska โ€“ Saat ini keberlangsungan dari desa Kivalina tepatnya di Negara Bagian Alaska, Amerika Serikat (AS) mulai terancam. Hal ini dikarenakan desa tersebut diperkirakan sebentar lagi akan ditelan lautan dikarenakan dampak perubahan iklim yang saat ini sedang terjadi.

Desa Kivalina di Alaska Akan Tenggelam Karena Mencairnya Es di Kutup Utara

Desa Kivalina sendiri letaknya ada di tepi Laut Bering. Tercatat ada sekitar 40 kepala keluarga yang menempati daerah tersebut yang berasal dari Suku Inuit. Kehidupan sehari-hari warga Kivalina sendiri sangat sederhana. Dimana mayoritas mata pencahariannya adalah seorang pemburu dan juga nelayan. Kondisi geografis dari Kivalina sendiri,diperkirakan oleh para pengamat akan mulai tenggelam pada tahun 2025. Terkait hal ini, warga dari desa Kivalina sendiri mengaku pasrah atas kondisi desanya saat ini.

Karena mereka mengganggap bahwa pemerintah AS sendiri tidak mempedulikan keberadaannya. Seperti yang dilansir dari BBC, Selasa (6/8/2013), Coleen Swan selaku pengurus desa mengungkapkan bahwa jika memang suku Inuit ini masih akan terus disini maka mereka pasrah jika nantinya desanya akan tenggelam.

Swan juga menambahkan bahwa pihak pemerintah tidak dapat menghimbau mereka untuk pergi begitu saja. Tenggelamnya Kivalina dikarenakan es yang ada di kutub utara sudah mulai mencair. Bahkan dengan adanya fenomena tersebut, maka membuat Kivalina sering diterpa banjir bandang.

Selain itu beberapa tahun belakangan ini, es yang ada di kutup utara mencairnya semakin cepat. Sehingga lautan akan semakin lama semakin menggerogoti daratan yang ada di sekitar wilayah Kivalina. (Rindi Ayunda – SisiDunia.Com)