Home » News » Umat Muslim Prancis Menghadapi Islamofobia

Umat Muslim Prancis Menghadapi Islamofobia



Paris โ€“ Kehidupan warga muslim yang ada di Prancis dihantui Islamofobia. Karena warga muslim Prancis merasa hak beragamanya dikekang oleh pemerintah Prancis. Seperti yang dilansir dari Associated Press, Senin (5/8/2013), Abdallah Zekri, selaku aktivis Islam Prancis mengungkapkan bahwa selama ini jika ada kegiatan keagamaan dari kelompok agama lain tidak menjadi soal.

Umat Muslim Prancis Menghadapi Islamofobia

Namun lain halnya ketika warga muslim sedang mengadakan acara, pihak pemerintah akan sangat memperhatikannya. Karena warga muslim tentunya adalah bagian dari Prancis, lalu mengapa perbedaan sikap tersebut dialami oleh kami, ungkap Zekri.

Terkait hal tersebut, pemerintah Prancis mengungkapkan bahwa selama ini pihaknya selalu menjunjung tinggi prinsip sekularisme. Dimana kepentingan Negara dan agama selalu dipisahkan. Sehingga tempat umum dilarang untuk praktik agama, hal ini tidak lain untuk menjaga keharmonisan antara masyarakat.

Namun warga muslim merasa kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah Prancis tersebut ditunggangi oleh adanya perasaan Islamofobia. Bahkan salah satu yang menjadi perhatian kaum muslim adalah adanya larangan memakai jilbab.

Dengan adanya kebijakan tersebut maka membuat kaum muslim yang ada di Prancis merasa kesulitan untuk memperoleh pekerjaan. Hal ini diungkapkan oleh Mohera Lukau, seorang perempuan Prancis keturunan Aljazair bahwa ia lahir dan besar di Prancis namun ia sangat sulit mendapatkan pekerjaan di Prancis. Tentu ini sangat ironi, bahkan banyak orang menyarankannya untuk kembali ke Negara asalnya. (Maria Ulfa – SisiDunia.Com)