Home » News » Rusia Khawatir AS Menyabotase Senjatanya

Rusia Khawatir AS Menyabotase Senjatanya



Moskow โ€“ Untuk saat ini memang kebanyakan perangkat senjata yang dimiliki oleh Rusia berasal dari Negara Barat. Sehingga terkait hal tersebut pihak Pemerintah Rusia memiliki ketakutan jika nantinya pihak Amerika Serikat (AS) melakukan sabotase atas militernya.

Rusia Khawatir AS Menyabotase Senjatanya

Ilustrasi

Seperti yang dikutip dari Reuters, Selasa (30/7/2013), Dmitry Rogozin selaku Wakil Perdana Menteri Rusia mengungkapkan bahwa apabila saat ini kita membicarakan komponen elektronik peralatan militer Rusia memang seharusnya semua harus diproduksi dari dalam negeri.

Namun yang dikhawatirkan adalah perangkat lunak yang ada didalam komponen tersebut. Karena bisa saja pihak lain melakukan penyadapan atas perangkat lunak tersebut. Dimana setelah Uni Soviet bubar maka secara otomatis membuat industri persenjataan Rusia mengalami penurunan.

Hal ini tidak lain disebabkan karena Rusia kekurangan dana sehingga mau tidak mau mereka harus mengimpor komponennya dari luar. Bahkan program pemetaan Glonass yang telah dikembangkan oleh Pemerintah Rusia dirasa sebagai program yang membuat Negara tersebut menjadi sangat tergantung terhadap komponen asing.

Sayangnya program tersebut akhirnya terbengkalai dikarenakan komponen yang digunakan sering mendapatkan masalah. Memang pernyataan Rogozin ini keluar setelah mengetahui Edward Snowden telah membongkar program penyadapan yang dilakukan oleh pemerintah Amerika Serikat (AS). Dimana pihak intelijen AS telah melakukan penyadapan melalui jaringan internet yang ada di negaranya semata-mata untuk mengawasi semua aktifitas internet yang ada di dunia. (Muhammad Noval – SisiDunia.Com)