Home » News » Jokowi Isyaratkan Boleh Pakai Mobil Dinas Untuk Mudik

Jokowi Isyaratkan Boleh Pakai Mobil Dinas Untuk Mudik



Jakarta – Idul Fitri nanti adalah lebaran pertama yang akan dirasakan oleh Jokowi dan Ahok selaku Gubernur dan Wakil Gubernur. Dan menjelang hari Idul Fitri nanti akan diputuskan beberapa hal termasuk pemakaian mobil dinas untuk mudik. Memang belum ada keputusan yang menyebutkan boleh memakai mobil dinas untuk kepentingan mudik. Namun Jokowi dan Ahok sepertinya memberikan isyarat untuk memperbolehkannya. Hal ini tentu berbeda dengan kepemimpinan Foke yang melarang penggunaaan mobil dinas untuk dipakai mudik.

Jokowi Isyaratkan Boleh Pakai Mobil Dinas Untuk Mudik

Jokowi

Alasan yang menolak pemakain mobil dinas adalah karena kendaraan tersebut menggunakan anggaran APBD. Dan akan sangat sulit untuk memantau penggunaannya. Suara yang tidak setuju ini dilontarkan oleh Wiriyatmoko selaku Plt Sekretaris Daerah DKI Jakarta saat diwawancarai oleh wartawan sisidunia.com (30/7/2013).

Hal senada juga disampaikan oleh Endang Widjayanti yang merupakan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah DKI. Beliau mengatakan bahwa sudah lama ada larangan untuk mudik dengan menggunakan mobil dinas. Karena hal tersebut menyangkut pemeliharaan yang melibatkan anggaran APBD. Kecuali jika kerusakan dan kehilangan ditanggung sepenuhnya oleh yang memakai. Jika tidak ada pengawasan yang ketat, hal tersebut akan merugikan Negara karena aka ada pengeluaran untuk kepentingan pribadi. Sewajarnya mobil dinas adalah untuk kepentingan dinas, bukan dipakai untuk kepentingan pribadi.

Keputusan mengenai pemakaian mobil dinas ini akan segera dikeluarkan. Jokowi sendiri mengindikasikan boleh dipakai namun dengan beberapa aturan yang harus disepakati. Sedangkan Ahok juga sependapat dengan Jokowi dengan memberikan perbandingan pihak swasta yang memperbolehkan penggunaaan mobil dinas untuk mudik. Dan wakil Gubernur ini juga menilai jika bersilahturahmi saat Idul Fitri menggunakan mobil dinas adalah hal yang sah-sah saja. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)