Home » News » Korban Kereta Maut Spanyol Berjumlah 78 Orang

Korban Kereta Maut Spanyol Berjumlah 78 Orang



Madird โ€“ Kecelakaan kereta maut yang terjadi di Spanyol memang memprihatikan banyak pihak. Atas insiden tersebut pemerintah setempat pernah mengungkapkan jika korban mencapai 80 jiwa. Namun tak berselang lama pemerintah Spanyol merevisinya menjadi 78 korban jiwa.

Korban Kereta Maut Spanyol Berjumlah 78 Orang

Kereta yang tergelincir tepatnya di kota Santiagio de Compostela tersebut sampai saat ini masih ada sekitar enam korban dari 78 korban tewas yang tidak dapat diidentifikasi oleh pihak Departemen Ilmiah Kepolisian Spanyol. Sekarang ini masih ada 83 orang lainya menderita luka-luka dan 32 orang lainnya mengalami kondisi yang kritis.

Seperti yang dilansir dari Reuters, Sabtu (27/7/2013), untuk saat ini proses penyelidikan atas masinis kereta tersebut masih dilanjutkan. Bahkan Masinis Fransisco Jose G.A juga dituduh akan melakukan percobaan bunuh diri setelah kecelakaan tersebut terjadi.

Indisen kecelakaan kereta tersebut diketahui keluar dari relnya ketika kondisi berbelok dengan kecepatan sekitar 190 km per jam. Padahal dalam kondisi normal, pada umumnya hanya memiliki kecepatan 80 km per jam.

Hal ini terungkap dari kotak hitam kereta yang merekam pembicaraan antara masinis dengan pusat kendali kereta. Sedangkan dari keterangan penyidik, diduga Fransico terlambat ketika hendak melakukan pengereman saat memasuki tikungan tersebut.

Memang dengan gelar Mekanik Berperngalam (GA) seharusnya Fransisco mengetahui secara betul bagaimana cara mengendalikan kereta dalam keadaan yang kritis sekalipun. Namun sayang insiden kecelakaan kereta tersebut tak bisa dihindarkan.

Ketika mengunjungi lokasi kejadian kereta naas tersebut, Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy langsung mengumumkan hari berkabung nasional di Spanyol selama tiga hari. Sedangkan untuk wilayah Galicia, hari berkabung akan berlangsung selama tujuh hari. Karena ini adalah kecelakaan kereta api terburuk yang ada di spanyol sejak tahun 1972. (Maria Ulfa – SisiDunia.Com)