Home » News » TNI Siap Membantu Pembangunan yang Ada di Daerah Perbatasan

TNI Siap Membantu Pembangunan yang Ada di Daerah Perbatasan



Jakarta โ€“ Memang selama ini daerah perbatasan Indonesia memiliki pembangunan yang relatif tertinggal dari daerah lainnya. Hal ini tidak lain disebabkan karena ketidakjelasan perbatasan wilayah menyebabkan rawan terjadi konflik.

Ilustrasi

Ilustrasi

Berdasarkan penuturan dari Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono bahwa konflik yang sering terjadi di daerah perbatasan disebabkan karena belum adanya kesepakatan antara Negara Indonesia dengan Negara tetangga, dalam hal ini seperti Malaysia, Singapura dan juga Papua Nugini.

Sehingga terkait hal tersebut, pihak TNI telah siap untuk memberikan bantuan, terutama untuk beberapa daerah yang memang rawan konflik sehingga kesulitan pembangunan di daerah tersebut dapat dengan segera ditangani.

Seusai menghadiri Rapat Kerja Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (18/7/2013) kepada sejumlah wartawan, Agus mengungkapkan bahwa sebenarnya TNI dapat diperbantukan untuk membantu daerah perbatasan yang rawan kerusuhan. Dengan memperbantukan TNI maka semuanya harus dilaksanakan sesuai dengan peraturan Presiden.

Sebagai contoh, Agus menuturkan bahwa untuk daerah yang ada di Papua dalam pembangunan jalan saat ini pihak Marinir dan satuan Zeni diperbantukan untuk pengamanan. Namun untuk perbatasan Kalimantan dan juga Nusa Tenggara Timur, untuk membuat jalan parallel akan dimudahkan dengan adanya Peraturan Presiden (PP).

Untuk saat ini memang ada beberapa daerah yang tidak dapat dijangkau oleh mitra dari Kemen PU. Sehingga perlu adanya solusi dan terobosan untuk mempercepat adanya pembangunan parallel yang ada di Kalimantan dan juga Papua. (Rindi Ayunda)