Home » Otomotif » Produsen Motor Besar Recall Karena ABS Nissin Rusak

Produsen Motor Besar Recall Karena ABS Nissin Rusak



New York – Beberapa produksi motor besar milik tiga produsen motor seperti Honda, Kawasaki dan Suzuki dikabarkan akan dilakukan penarikan kembali (recall). Seperti yang dilansir dari Motorcycle, Kamis (18/7/2013), Honda telah menarik model Honda CTX700N dan CTX700T.

Kawasaki Ninja 300

Kawasaki Ninja 300

Dimana kedua motor tersebut diketahui mengalami masalah dengan sistem ABS nya. Dua produsen motor lain yaitu Kawasaki dan Suzuki dengan komponen yang sama juga harus melakukan recall atas produksinya.

Kerusakan yang sama dalam tiga produsen motor ini tidak lain disebabkan karena rusaknya modulator ABS yang telah diproduksi oleh Nissin. Untuk jepang sendiri, Kawasaki telah mengumumkan sebanyak 940 unit Ninja 250 R yang akan ditarik kembali.

Sedangkan untuk Suzuki juga melakukan hal yang sama dengan Kawasaki. Dimana produsen motor yang memiliki lambang S ini telah memberikan pengumuman kepada para konsumennya  akan menarik model Hayabusa yang sistem ABS nya menggunakan produksi Nissin.

Yang menjadi masalah untuk saat ini adalah Kawasaki juga menggunakan komponen milik Nissin untuk model Kawaasaki Ninja 300. Tentunya ini akan menambah daftar panjang recall yang dilakukan oleh Kawasaki. Nampaknya, modul ABS milik Nissin ini juga digunakan pada beberapa motor besar keluaran dari Harley Davidson, Triumph, dan Yamaha.

Namun belum diketahui apakah mereka juga akan melakukan recall. ABS Nissin sendiri pada umumnya akan digunakan oleh pabrikan motor besar karena memiliki bobot sebesar 631 gram. Alasan memiliki bobot lebih ringan jika dibandingkan dengan produk dari merk lainnya inilah yang menjadi pilihan para produsen motor besar. Namun pihak Nissin sendiri belum mengkonfirmasi atas masalah ini. (Samsul Arifin)