Home » News » Tenaga Medis Telah Disiapkan Untuk Jalur Mudik di Jawa Barat

Tenaga Medis Telah Disiapkan Untuk Jalur Mudik di Jawa Barat



Bandung โ€“ Pada Lebaran 2013 nanti, ada sekitar 4.069 dokter dan perawat yang akan disebar ke beberapa titik dalam jalur mudik yang ada di wilayah Jawa Barat. Rencananya mereka akan disebar dalam tiga wilayah yaitu Jawa Barat bagian utara, tengah, dan selatan.

Ilustrasi mudik dengan sepeda motor

Ilustrasi mudik dengan sepeda motor

Alma Lucyati, selaku Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat, Selasa (16/7/2013), di Bandung mengungkapkan bahwa sebanyak 4.069 tenaga medis tersebut terdiri dari 984 dokter dan 3.085 perawat dan juga bidan.

Untuk tahun ini memang jumlah dokter yang disiagakan lebih banyak dari tahun kemarin yang hanya 900 orang. Demikian pula untuk perawat dan bidan bertambah 85 orang dari tahun kemarin yang berjumlah 3.000 orang.

Memang sebenarnya adanya penambahan tenaga doker dan perawat ini disesuaikan dengan arus mudik dan balik yang berlangsung saat itu. Alma juga menambahkan bahwa nantinya tenaga medis tersebut akan melayani kebutuhan kesehatan dari para pemudik.

Jika memungkinkan untuk ditangani di posko mudik maka para tenaga medis ini akan memberikan pelayanan sepenuhnya. Namun jika harus dirujuk maka pasien dapat mendapatkan rujukan ke rumah sakit ataupun puskesmas yang terdekat.

Ketika disinggung jalur mudik mana saja, Alma mengaku saat ini pihaknya masih terus melakukan koordinasi dengan pihak Dishub dan Polda Jawa Barat yang bertujuan untuk menentukan titik mana yang nantinya akan dijadikan sebagai posko. (Rindi Ayunda)