Home » News » Taliban Mulai Membangun Markas di Suriah

Taliban Mulai Membangun Markas di Suriah



Islamabad – Suriah beberapa minggu kemarin mendapatkan kunjungan dari Kelompok Tehrik e Taliban Pakistan (TTP). Bahkan kedatangan perwakilan dari Taliban tersebut dimaksudkan untuk memberikan bantuan atas pembangunan dari markas TTP yang ada di Suriah.

Kelompok militan Taliban

Kelompok militan Taliban

Tercatat hampir selama dua dekade terakhir, ada sekitar 12 tenaga ahli peperangan dari TTP dialokasikan ke Suriah. Pada dasarnya mereka ingin memberikan batuan atas misi jihad yang ada di Suriah. Dengan adanya pembukaan markas TTP yang ada di Suriah, besar kemungkinan mereka memiliki motif sektarian.

Dimana Taliban memiliki maksud untuk mendukung kaum muslim Sunni yang selama ini ditindas oleh kelompok Syiah. Seperti yang dilasir dari BBC, Sabtu (13/7/2013), Mohammad Amin selaku pemimpin senior Taliban Pakistan mengungkapkan bahwa sebenarnya jihad yang dilakukan di Suriah telah mereka lakukan sejak enam bulan yang lalu. Bahkan sel Taliban yang ada di Suriah, telah disetujui oleh fraksi militan dari dalam ataupun luar Tehrik e Taliban.

Fungsi sel yang ada di Suriah tersebut pada dasarnya sebagai pusat informasi kepada TTP yang ada di Pakistan atas semua konflik yang terjadi di Suriah. Dimana informasi tersebut akan diberikan kepada mereka yang sama sekali belum pernah melakukan jihad di Afgaistan, tambah Amin.

Karena sebenarnya tugas dari para militan Taliban yang ada di Suriah adalah untuk membantu warga Suriah dalam peperangan. Bahkan dari penuturan Amin bahwa selama ini banyak warga Pakistan yang berjuang bersama kelompok oposisi untuk melawan militer Suriah. (Rindi Anyuda)