Home » Techno » James Webb Space, Teleskop Terbaru Milik NASA

James Webb Space, Teleskop Terbaru Milik NASA



California โ€“ Pihak Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA, telah mempersipkan James Webb Space Telescope yang nantinya akan menggantikan peranan dari teleskop Hubbie. Bahkan berdasarkan penuturan dari ilmuwan NASA bahwa James Webb Space Telescope ini rencananya akan diluncurkan pada tahun 2018.

Teleskop James Webb Space

Teleskop James Webb Space

Seperti yang dilansir dari Space, Kamis (11/7/2013), teleskop terbarunya kali ini akan memiliki tugas untuk menyelidiki objek yang ada di luar angkasa, serta mengungkap sejarah setelah terjadinya ledakan dahsyat. Bahkan beberapa ilmuwan merasa yakin bahwa ledakan tersebut dapat memicu terbentuknya planet yang ada di alam semesta.

Teleskop terbarunya kali ini nantinya akan dirancang oleh para ilmuwan menggunakan teknologi inframerah, yang nantinya memiliki kemampuan untuk mencari galaxy pertama yang telah terbentuk di alam semesta. Nantinya teleskop ini akan diorbitkan pada 930 ribu mil (1,5 juta kilometer) dari Bumi.

Bahkan nantinya teleskop JWST ini memiliki penglihatan yang lebih canggih seperti melihat objek luar angkasa dengan menembus debu kosmik. Tidak hanya itu saja, JWST juga mampu mencari asal-usul kimia sehingga terbentuknya system tata surya seperti sekarang ini.

NASA, dikabarkan telah menyiapkan dana sekitar USD8,8 miliar yang diperuntukkan untuk proyek teleskop canggihnya ini. JWST dapat dimanfaatkan untuk mencari objek luar angkasa dan dapat mengabadikan beberapa gambar melalui foto seperti yang dilakukan oleh Hubble Space Telescope. (Karina Ayu Azalia)