Home » News » UU P3H Telah Disahkan Oleh DPR

UU P3H Telah Disahkan Oleh DPR



Jakarta – Pada hari ini, Rapat Paripurna DPR telah mengesahkan sebanyak tiga buah Rancangan Undang-Undang. Dimana salah satunya adalah UU Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan (P3H). Berdasarkan keterangan dari Zulkifli Hasan, selaku Menteri Kehutanan, bahwa dengan disahkannya UU P3H ini maka diharapkan dapat memberikan efek jera terhadap para pelaku pembalakan liar.

Menhut Zulkifli Hasan

Menhut Zulkifli Hasan

Dengan demikian diharapkan nantinya, tidak terjadi adanya kejadian banjir di Jakarta dan juga adanya kebakaran hutan yang terjadi di Riau. Kepada wartawan sisidunia, di Gedung DPR, Selasa (9/7/2013), Zulkifli mengungkapkan bahwa  pada banjir Jakarta lalu, kerugian mencapai Rp3 triliun. Sedangkan untuk kebakaran hutan di Riau juga mencapai Rp2 sampai Rp3 triliun.

Tentunya ini jumlah angka yang cukup besar, karena kerusakan lingkungan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Zulkifli juga menjelaskan bahwa UU P3H ini juga dijelaskan bahwa didalamnya tidak hanya mementingkan kepentingan bisnis semata.

Karena pemerintah juga seharusnya mengatur pengelolaan lingkungan yang baik. Bahkan didalamnya juga ada aturan khusus yang mengatur mengenai pelanggaran dan kerusakan lingkungan. Sedangkan untuk masalah multitafsir terkait adanya masalah adat yang ada di masyarakat, Zulkifli menuturkan bahwa masyarakat tidak mempermasalahkan namun yang menjadi masalah adalah ketika penebangan kayu yang digunakan untuk bisnis namun tidak memperhatikan keselamatan lingkungan.

Terkait dengan UU P3H ini, Zukifli menuturkan bahwa, nantinya akan dibentuk sebuah lembaga yang akan mengawasi adanya pembalakan liar yang terjadi. Namun pembetukan lembaga pengawas rencananya baru akan diproses di tahun 2015 setelah Presiden baru terpilih. (Rindi Ayunda)