Home » Travel & Kuliner » Keberadaan Festival Banteng San Fermin Di Spanyol Dipertanyakan

Keberadaan Festival Banteng San Fermin Di Spanyol Dipertanyakan



Spanyol – Baru-baru ini keberadaan Festival Banteng (San Fermin) di Spanyol dipertanyakan setelah festival ini dikabarkan memakan banyak korban serta di sisi lain juga dianggap menyalahi hak binatang.

Keberadaan Festival Banteng San Fermin Di Spanyol Dipertanyakan

Festival ini akan berlangsung selama sembilan hari. Bahkan, Kota Pamplona di Spanyol telah menyambut ribuan wisatawan yang ingin mengikuti Festival San Fermin ini.

Walau mengerikan, festival banteng yang sangat terkenal ini sangat diminati. Setiap pagi, dikabarkan enam ekor banteng akan dilepas bebas untuk mengejar ribuan partisipan festival banteng di jalanan kota ini. Orang-orang akan berusaha lari untuk menghindari kejaran banteng, bahkan tak jarang mereka sampai memanjat ke gedung-gedung di sekitar kawasan festival berlangsung.

Seperti dikutip SisiDunia dari laman Telegraph, Selasa (9/7/2013), peratiran festival banteng mengharuskan partisipan untuk tidak membawa apapun, kecuali segulung koran untuk melindungi diri mereka. Mereka juga harus memberanikan diri berada sedekat mungkin dengan banteng tanpa terluka.

Selama festival berlangsung, partisipan tidak memiliki tempat untuk bersembunyi atau berlindung dari kejaran banteng. Karena itulah festival ini sering kali memakan korban. Hari pertama festival tahun ini dikabarkan sudah ada korban meski tidak fatal yang terdiri dari tiga orang turis dan satu warga local.

Festival ini juag mengundang kontroversi, khususnya terkait isu hak asasi hewan yang selalu digembar-gemborkan saat persiapan festival ini. Betapa tidak, banteng-banteng yang ikut dalam festival ini akan dibunuh dengan cara disiksa secara sadis setelah festival ini usai.

Bahkan LSM pembela hak-hak hewan, People for the Ethical Treatment of Animals (PETA) telah berulang kali meminta agar festival ini tak lagi dilakukan. Tahun lalu, kota Catalonia di Spanyol mengumumkan tidak akan melakukan lagi pertandingan adu banteng sebagai tanda mereka menghormati hak asasi hewan.

Namun, kemungkinan Festival San Fermin akan terus dilakukan, karena festival ini mampu mendatangkan ribuan wisatawan ke Kota Pamplona, dan menjadi pemasukan bagi warga setempat. [Karina Ayu Azalia – SisiDunia.com].