Home » News » ASEAN Berharap RI Ikut Dalam Ratifikasi Perjanjian Kabut Asap

ASEAN Berharap RI Ikut Dalam Ratifikasi Perjanjian Kabut Asap



Jakarta โ€“ Beberapa waktu lalu, memang kabut asap yang terjadi di Indonesia menjadi perbincangan hangat di ASEAN. Bahkan rencananya ASEAN akan menindaklanjuti masalah kabut asap ini agar tidak terjadi lagi di kemudian hari.

Asap yang memenuhi Singapura

Asap yang memenuhi Singapura

Dimana salah satu langkah yang dilakukan ASEAN adalah dengan membuat sebuah perjanjian polusi kabut asap lintas batas. Bertempat di kantor Sekretariat ASEAN, Jakarta, Senin (8/7/2013), Sekretaris Jenderal ASEAN Le Luong Minh mengungkapkan bahwa untuk saat ini pihaknya akan menggaris bawahi beberapa kerjasama penting untuk regional dan juga internasional terkait isu tersebut.

Nantinya beberapa aspek seperti peningkatan kapasitas dari petugas pemadam kebakaran dan juga ratifikasi atas perjanjian dari kabut asap lintas batas ini akan dibahas lebih lanjut. Rencananya pada tanggal 17 Juli 2013 nanti bertempat di Kuala Lumpur, Malaysia, Menteri-menteri ASEAN akan bertemu untuk membahas kasus kabut asap.

Bahkan Le juga menginformasikan bahwa pada saat KTT Menteri Luar Negeri ASEAN di Brunei 29-30 Juni, ia ditugaskan untuk mengatur inisiatif ASEAN mengenai kabut asap. Memang sebenarnya ASEAN telah memiliki perjanjian mengenai polusi kabut asap lintas batas, namun Indonesia menjadi satu-satunya Negara yang belum memiliki ratifikasi atas perjanjian tersebut.

Terlebih lagi pada bulan lalu, atas kebakaran hutan yang ada di Sumatera, membuat polusi kabut asap hingga ke begara tetangga. Selain itu Indonesia juga masuk dalam daftar satu negara penghasil kabut asap terbesar di kawasan ASEAN. (Rindi Ayunda)