Home » News » Rusia Tanggapi Suaka Bagi Snowden Dari Venezuela

Rusia Tanggapi Suaka Bagi Snowden Dari Venezuela



Moskow – Presiden Venezuela, Nicolas Maduro secara megnejutkan memberikan tawaran suaka terhadap pembocor intelijen Amerika Serikat, Edward Snowden, yang saat ini berada di Rusia. Terkait dengan tawaran tersebut, pihak Pemerintah Rusia rupanya langsung memberikan sebuah tanggapan positif. Hal ini seperti yang telah diberitakan dalam Washington Post, Minggu (7/7/2013).

Edward Snowden

Edward Snowden

“Tawaran suaka yang didapatkan oleh Snowden dari pihak Venezuela adalah salah satu keputusan terbaik yang dimiliki olehnya,” tutur salah satu anggota Parlemen Rusia, Alexei Pushkov.

Lebih lanjut, Pushkov mengungkapkan bahwa adalah lebih baik bagi Snowden untuk segera meninggalkan Rusia. Pasalnya, pria yang terkenal setelah membocorkan beberapa rahasia intelijen Amerika Serikat tersebut selama ini tinggal di bandara.

Beruntung, pihak Pemerintah Nikaragua dan Venezuela telah membuka uluran tangan mereka guna menerima Snowden yang merupakan mantan pegawai CIA tersebut.

Terkait dengan hubungan Venezuela dengan Amerika Serikat pasca suaka bagi Snowden, Pushkov mengungkapkan bahwa hal tersebut tidak akan banyak berpengaruh terhadap hal itu. Pasalnya, selama ini memang antara Amerika Serikat dan Venezuela adalah dua negara yang saling bermusuhan.

Pihak Amerika Serikat sendiri telah mengumumkan serangkaian ancaman terhadap siapapun yang memberikan suaka politik bagi Snowden. (Samsul Arifin)