Home » News » Myanmar Dikabarkan Terlibat Perdagangan Senjata Dengan Korut

Myanmar Dikabarkan Terlibat Perdagangan Senjata Dengan Korut



Yangon โ€“ Pemerintah Myanmar memang saat ini sedang dikabarkan masih menjalin hubungan dengan Korea Utara (Korut). Terkait hal tersebut pemerintah Myanmar menepis tanggapan tersebut. Rumor ini tersebar dikarenakan Pemerintah Amerika Serikat (AS) pernah merilis nama seorang jenderal yang berasal dari Myanmar ke dalam blacklist nya.

Parade militer Korut

Parade militer Korut

Bahkan sebelumnya Letnan Jenderal Thein Htay juga pernah dikaitkan dengan perdagangan senjata yang melibatkan Korut. Sehingga tak dipungkiri jika kemudian ia masuk ke dalam daftar hitam AS. Memang AS telah memberlakukan sanksi senjata kepada Korut.

Termasuk didalamnya jika diketahui ada beberapa pihak yang kebetulan melakukan perdagangan senjata dengan Negara Komunis tersebut. Seperti yang dilansir dari DVB, Jumat (5/7/2013), juru bicara Kepresidenan Myanmar Ye Htut menyebutkan bahwa selama ini pihaknya selalu mematuhi peraturan yang dikeluarkan oleh PBB.

Terlebih lagi peraturan PBB berkaitan dengan perdagangan senjata dengan Korut. Namun yang pasti Letnan Jenderal Thein Htay tersebut tidak termasuk dalam jajaran pejabat militer Myanmar. Sayangnya keterangan dari Ye Htut tersebut tidak dapat dipercaya oleh seorang analisis militer Myanmar, Bertil Linter. Karena pada dasarnya mustahil pemerintahan tidak mengetahui perdagangan senjata tersebut. (Rindi Ayunda)