Home » Otomotif » Peraturan LCGC Sudah Diakomodir Oleh Kemenperin

Peraturan LCGC Sudah Diakomodir Oleh Kemenperin



Jakarta – Setelah sekian lama menunggu terkait peraturan mengenai mobil murah dan ramah lingkungan, kini Kementerian Perindustrian telah resmi mengeluarkan mengenai hal tersebut. Dimana didalam Peraturan Presiden mengenai Low Cost and Green Car (LCGC) tersebut menyatakan bahwa untuk harganya mobil akan dibandrol maksimal sebesar Rp 95 juta per unit.

Agya

Agya

Ketika dikonfirmasi mengenai hal tersebut, MS Hidayat selaku Menteri Perindustrian (Menperin), Kamis (4/7/2013), kepada sisidunia mengungkapkan bahwa harga Rp 95 juta tersebut harga patokan untuk Off the Road. Tentunya mengenai Biaya Balik Nama, Pajak Kendaraan Bermotor, Pajak Daerah dan juga penyematan fasilitas keamanan dan juga tranmisi otomatis belum tercakup didalamnya.

Jika konsumen ingin menambah fitur safety 10% air bag, Antilock Brake System dan transmisi otomatis, maka harga yang dibandrol tentunya sesuai dengan kebijaksanaan dari para produsen mobil LCGC. Memang harga toleransi tersebut menyangkut adanya inflasi dan juga kurs mata uang yang masih menjadi bahan pertimbangan utama.

Oleh karena itu, mantan Ketua Kadin ini juga menyetakan bahwa SK mengenai mobil LCGC masih didaftarkan ke dalam Kemenhukham. Dengan hadirnya program Low Cost and Green Car ini memang tidak hanya memberikan alternative mobil murah ke masyarakat. Namun juga agar dapat meningkatkan kemandirian di bidang teknologi otomotif nasional. (Maria Ulfa)