Home » News » Jelang Puasa dan Lebaran, Pasokan Ayam Meningkat

Jelang Puasa dan Lebaran, Pasokan Ayam Meningkat



Jakarta โ€“ Jelang Puasa dan Lebaran 2013 nanti, tentunya kebutuhan akan daging terlebih daging ayam akan meningkat. Namun para peternak ayam telah menjamin ketersediaan daging ayam jelang momen puasa dan lebaran 2013 nanti.

ilustrasi daging ayam

ilustrasi daging ayam

Seperti yang diungkapkan oleh Hartono, Ketua Umum Pusat Informasi Pasar (Pinsar)/Asosiasi Peternak Unggas se-Indonesia, ketika dihubungi wartawan sisidunia, Selasa (2/7/2013), mengatakan bahwa ada sekitar 180 juta ekor ayam yang nantinya akan di stok jelang puasa dan lebaran 2013.

Dimana 180 juta ekor ayan tersebut adalah total pasokan nasional yang rencananya akan mulai dipasok mulai bulan ini. Tentunya jika dibandingkan bulan lalu, naik sekitar 17,5%. Ketika disinggung adanya kenaikan harga ayam saat ini, Hartono mengungkapkan bahwa sebenarnya ini adalah imbas dari kenaikan dari Harga Pokok Produksi (HPP) peternak seperti untuk pakan ternak, bibit, dan lain-lain.

Karena untuk pasokan sendiri, saat ini tidak mengalami kekurangan sedikitpun. Bahkan pada tahun ini diperkirakan suplai ayam menembus angka 2 miliar ekor. Dimana untuk tahun lalu, pasokannya hanya sekitar 1,7 miliar.

Memang untuk saat ini, harga ayam di tingkat konsumen mencapai Rp 35.000-38.000 per kg. Sedangkan untuk harga di tingkat peternak Rp 20.500 per kg. Dimana harga ini telah naik sebesar 1.700 per kg yang dahulunya hanya Rp 18.800 per kg. Namun Hartono menjamin bahwa dengan tambahan pasokan yang ada saat ini maka harga tidak akan melambung tinggi seperti saat ini. (Rindi Ayunda)