Home » Techno » Sepeda Terbang Bisa Atasi Kemacetan?

Sepeda Terbang Bisa Atasi Kemacetan?



Jakarta – Bukan rahasia lagi bahwa macet di Jakarta memang cukup memprihatinkan. Gara-gara macet banyak hal yang bisa terbengkalai. Solusi dari pemeritah daerah belum maksimal mengatasi macet. Karena itu beberapa warga Jakarta beralih alat transportasi, salah satunya sepeda.

Sepeda Terbang Bisa Atasi Kemacetan?

Namun terkadang sepeda pun ikut tak bergerak karena macet yang parah. Tapi jika menggunakan sepeda terbang, macet bukan lagi masalah.

Sepeda buatan pemuda Inggris, John Fordon dan Yannick Read dimana sepeda mereka tak hanya dapat digunakan di jalan tetapi dapat dijadikan transportasi udara. Kedua pemuda ini mengubah sepeda lipat menjadi perangkat transportasi yang dapat diterbangkan. Menghabiskan dana hingga 150 juta rupiah mereka menyematkan sebuah baling-baling besar yang biasa digunakan pada kendaraan hover pada sepeda lipat.

Menggunakan parasut, pengguna sepeda akan dapat dengan mudah terbang ke udara setinggi 4 ribu kaki dengan kecepatan hingga 40 kilometer per jam seperti dikutip SisiDunia dari Hiconsumption.com, Sabtu (22/6/2013).

Sepeda terbang ini dinamai Paravelo. Ide ini muncul dari pengalaman kedua pemuda tersebut saat bepergian ke suatu daerah yang sering kali berjarak sangat jauh dan terkadang terjebak oleh kemacetan.

Sehingga mereka berpikir untuk membuat transportasi yang mampu mengatasi permasalan tersebut yaitu dengan menggabungkan sepeda dengan teknologi terbang sederhana yang tak memerlukan surat izin mengendarai.

Selain itu, dengan hadirnya Paravelo diharapkan dapat mengatasi kemacetan dan sebagai sarana pendukung eco-green karena bahan bakarnya alami atau bio-fuel untuk dapat memutar baling-baling elektrik yang disematkan pada sepeda terbang ini.

Paravelo dilengkapi dengan GPS dan lampu sinyal pada kemudi untuk membantu perjalanan pada malam hari. Tak hanya itu, sepeda ini dapat dengan mudah dilipat sehingga dapat disimpan dalam rumah atau kantor Anda.

Saat ini sepeda terbang Paravelo ini sedang dikampanyekan untuk menggalang dana pembuatan melalui situs kreatif Kickstarter. [Karina Ayu Azalia – SisiDunia.com].