Home » News » India Dilanda Banjir Bandang

India Dilanda Banjir Bandang



Dehradun โ€“ Wilayah Utara India dilanda banjir bandang dan tanah longsor. Bahkan akibat bencana alam mini, menelan korban sebanyak 131 jiwa dan ribuan warga yang tidak diketahui keberadaannya dinyatakan hilang disapu air bah.

Banjir India

Banjir India

Memang sampai saat ini, tercatat sebanyak 102 orang yang meninggal di Uttarakhad. Sedangkan yang berada di Distrik Rudrapayag korban tewas tercatat mencapai 20 orang. Bahkan di wilayah tersebut kerugian banyak dialami dikarenakan ada sekitar 73 bangunan dan 40 hotel yang terendam banjir.

Bahkan Kuil Kedarnath juga tidak luput terkena imbas banjir. Dimana tampak kuil tersebut dipenuhi dengan tanah, sementara itu ada sekitar 70 ribu orang yang sedang berziarah diberitakan terjebak dalam banjir.

Kuil yang terletak di Distrik Rudraprayag, Uttarakhand ini memang salah satu kuil suci yang banyak dikunjungi warga. Sehingga dari laporan menyebutkan bahwa ada sekitar 500 orang peziarah yang dinyatakan hilang. Bahkan salah satu pejabat setempat menemukan sebanyak 50 jenazah yang ada di depan kuil tersebut.

Seperti yang dikutip dari India Times, Rabu (19/6/2013), Rakesh Tewari, selaku pejabat di Uttarakhand menuturkan bahwa untuk saat ini tim penolong berusaha sekuat tenaga untuk menyelamatkan mereka yang dinyatakan masih hidup.

Tidak dapat dipungkiri dengan bencana banjir bandang ini angka kematian terus meningkat. Bahkan pemerintah India juga melaporkan bahwa wilayah Rudraprayag, Chamoli dan Distrik Uttarkashi sampai saat ini masih diguyur hujan deras, sehingga menyebabkan Sungai Gangga dalam status siaga. (Rindi Ayunda)