Home » Otomotif » Karma Sedan Membuat Fisker Rugi Besar

Karma Sedan Membuat Fisker Rugi Besar



Los Angeles โ€“ Saat ini kondisi dari produsen mobil listrik Fisker Automotive nampaknya kembali menghadapai situasi yang sulit. Setelah kabar kebangkrutannya, kini produsen mobil listrik Karma ini diterpa kabar kurang menyenangkan.

Fisker Karma

Fisker Karma

Seperti yang dikutip dari Inautonews, Selasa (18/6/2013), berdasarkan data laporan terbaru menyebutkan bahwa untuk saat ini Fisker setiap memproduksi satu unit Karma Hybrid Sport Sedan, maka kerugiannya mencapai USD35 ribu atau setara dengan Rp346 juta.

Tentunya hal ini bukan merupakan hal yang mudah, dikarenakan memang dalam beberapa tahun terakhir ini, dari segi finansial produsen automotif Fisker, terus mengalami kemunduran. Bahkan para analis menilai bahwa dengan situasi yang sulit seperti saat ini maka Fisker bisa jadi akan menuju ke titik akhir dari produsen mobil listrik asal Amerika ini.

Untuk diketahui bahwa sejak tahun 2011 hingga 2012, memang Fisker telah memproduksi sekitar 2.450 unit sedan Karma. Dengan demikian maka mereka sudah kehilangan sekitar USD35 ribu dikarenakan biaya produksinya lebih banyak dibandingkan penjualannya.

Hal ini juga dibenarkan oleh mantan eksekutif Fisker, dimana memang biaya produksi Karma lebih besar dibandingkan dengan hasil penjualan mobilnya. Dimana untuk 2011 lalu, Karma hanya terjual sekitar 200 unit dan di tahun 2012 sudah terjual sekitar 1.600 unit. Tentunya ini jauh dibawah target yang berada di angka 15 ribu unit per tahun. (Samsul Arifin)