Home » Techno » Flash Akan Tergantikan Oleh Sensor Kamera Terbaru

Flash Akan Tergantikan Oleh Sensor Kamera Terbaru



Singapore – Bagi Anda pecinta dunia fotografi tentunya Anda telah mengenal dengan baik bagaimana mendapatkan foto yang baik dengan pencahayaan yang minim. Tentunya Anda saat ini telah mengenal berbagai macam kamera dengan menggunakan flash yang dapat membantu Anda untuk mendapatkan objek yang terang.

Graphene

Graphene

Namun saat ini nampaknya flash sudah tidak dibutuhkan, hal ini disebabkan kerena beberapa tim peneliti yang berasal dari Nanyang Technological University (NTU) telah menemukan sebuah sensor pencitraan, sehingga memungkinkan Anda untuk dapat mengambil objek dengan cahaya yang minim.

Bahkan sensor pencitraan yang baru ini, dikatakan memiliki sensitifitas cahaya yang tinggi. Nantinya kamera yang terbaru untuk merk Nikon sampai dengan kamera untuk mengawasi satelit akan dibenamkan sensor pencitraan yang baru ini. Sehingga cahaya normal ataupun cahaya infra merah dapat ditangkap dengan jelas.

Seperti dilansir dalam Mashable, Sabtu (1/6/2013), tim peneliti NTU mengungkapkan bahwa sensor pencitraan yang terbaru ini terbuat dari Graphene. Dimana Graphene ini adalah senyawa karbon yang sangat kuat, dimana strukturnya seperti sarang lebah namun sangat lentur seperti karet.

Kelebihan lainnya dari Graphene adalah bahan ini memiliki sensitifitas yang 1000 kali lebih tinggi dibandingkan sensor pencitraan yang ada saat ini. Selain itu para peneliti juga mengungkapkan bahwa Graphene ini memiliki konduktifitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan silicon, sehingga mampu menolak panas yang baik. Wang Qijie, selaku Assistant Professor di NTU’s School of Electrical and Electronic Engineering mengungkapkan bahwa Graphene ini akan menjadi sensor fotosensitif yang pertama kali dan memiliki banyak kelebihan. (Samsul Arifin – www.sisidunia.com)